KOMPETENSI
KD: Menganalisis strategi promosi produk usaha bidang konversi energi
IPK:
3.1.1 Memahami target konsumen produk konversi energi
3.1.2 Menganalisis pesaing usaha bidang konversi energi
3.1.3 Menganalisis perencanaan promosi bidang konversi energi 
3.1.4 Menganalisis strategi promosi bidang konversi energi
MOTIVASI/APRESEPSI:
Sejauh mana kalian mengetahui tentang strategi promosi suatu produk yang ada saat ini?
PETA MATERI:




TUJUAN:
Setelah mempelajari tentang strategi promosi produk konversi energi, siswa diharapkan mampu menganalisis strategi promosi produk konversi energi.

URAIAN MATERI:

STARTEGI PROMOSI PRODUK USAHA BIDANG KONVERSI ENERGI (BIOGAS)

 












A.      Mengenal Konsumen dan Pesaing
1.     Konsumen
Konsumen adalah setiap orang pemakai barang dan/atau jasa yang tersedia dalam masyarakat, baik bagi kepentingan diri sendiri, keluarga, orang lain, maupun makhluk hidup lain dan tidak untuk diperdagangkan (Wikipedia)
Target konsumen dalam usaha ini adalah masyarakat menengah ke bawah yang wilayahnya belum dialiri listrik dan daerah terpencil yang pasokan BBMnya masih sangat kurang, terlebih bagi daerah pedesaan yan terdapat banyak hewan ternak seperti sapi, kambing, domba, kerbau, dsb.
2.       Pesaing
Pesaing adalah perusahaan yang menghasilkan atau menjual barang dan jasa yang sama atau mirip dengan produk yang ditawarkan. Pesaing dalam usha ini adalah semua penguasaha yang menjual produk bahan bakar (LPG, bensin,minyak tanah)
B.      Strategi Promosi
Promosi merupakan kegiatan yang bertujuan untuk menarik konsumen membeli produk yang kita hasilkan. Tujuan utama promosi adalah menginformasikan, mempengaruhi dan membujuk serta mengingatkan pelanggan sasaran tentang perusahaan dan bauran pemasarannya. Manfaat dari adanya kegiatan promosi:
1.       Mengetahui produk yang diinginkan para konsumen
2.       Mengetahui tingkat kebutuhan konsumen akan suatu produk
3.       Mengetahui cara pengenalan dan penyampaian produk hingga sampai ke konsumen
4.       Mengetahui harga yang sesuai dengan kondisi pasaran
5.       Mengetahui strategi promosi yang tepat kepada para konsumen
6.       Mengetahui kondisi persaingan pasar dan cara mengatasinya
7.       Menciptakan image sebuah produk dengan adanya promosi.
Strategi promosi berkaitan erat dengan perencanaan, pelaksanaan, dan pengendalian komunikasi persuasive dengan pelanggan. Ada 6 strategi pokok dalam promosi yaitu:
1.       Strategi pengeluaran promosi, misalnya dianggarkan biaya promosi 30% dari target penjualan.
2.       Strategi bauran promosi, yakni promosi dilakukan dengan iklan (pembuatan brosur, flyer, dan poster) serta tenaga penjual.
3.       Strategi pemilihan media, yaitu digunakan media cetak (brosur, flyer, dan poster) serta media social (facebook, twitter, dan sebagainya).
4.       Strategi copy iklan, yaitu dengan mengkomunikasikan pesan “Kami Membantu Anda Melestarikan Bumi”
5.       Strategi penjualan, yaitu dengan tenaga penjual yang dibagi-bagi sesuai daerah penjualannya.
6.       Strategi motivasi dan penyeliaan tenaga penjual, yakni ditawarkan komisi untuk setiap realisasi penjualan sebesar 5% dari harga jual produk.
C.      Perencanaan dan Pelaksanaan Strategi Promosi Produk Usaha Bidang Konversi Energi
Untuk menarik konsumen, perencanaan dan pelaksanaan promosi dapat menggunakan keranka G.A Schmoll, yaitu
1.       Menentukan target yang hendak dicapai.
2.       Menciptakan dan merumuskan pesan promosi yang akan dilancarkan.
3.       Memilih dan menyeleksi saluran komunikasi dan media masa yang akan digunakan.
4.       Menyediakan anggaran promosi untuk memperlancar kegiatan promosi dalam bermacam- macam pasar.
5.       Membuat program pelaksanaan promosi yang akan dilakukan.



RANGKUMAN:
Strategi Promosi berkaitan erat dengan perencanaan, pelaksanaan, dan pengendalian komunikasi persuasive dengan pelanggan. Ada 6 strategi pokok dalam promosi yaitu:
1.    Strategi pengeluaran promosi, misalnya dianggarkan biaya promosi 30% dari target penjualan.
2.    Strategi bauran promosi, yakni promosi dilakukan dengan iklan (pembuatan brosur, flyer, dan poster) serta tenaga penjual.
3.    Strategi pemilihan media, yaitu digunakan media cetak (brosur, flyer, dan poster) serta media social (facebook, twitter, dan sebagainya).
4.    Strategi copy iklan, yaitu dengan mengkomunikasikan pesan “Kami Membantu Anda Melestarikan Bumi”
5.    Strategi penjualan, yaitu dengan tenaga penjual yang dibagi-bagi sesuai daerah penjualannya.

6.    Strategi motivasi dan penyeliaan tenaga penjual, yakni ditawarkan komisi untuk setiap realisasi penjualan sebesar 5% dari harga jual produk.


TUGAS:
Pelajarilah dan hayatilah semua materi tentang strategi promosi produk konversi energi, selanjutnya kalian  menentukan langkah strategi promosi produk konversi energi berupa kompor biogas!
LATIHAN:
Carilah satu contoh strategi promosi produk konversi energi, kemudian tuliskan hal-hal yang berkaitan dengan 6 startegi pokok dalam promosi!
PENILAIAN DIRI:


EVALUASI:
Pilihan Ganda
1.

Essai
1.       Jelaskan fungsi strategi promosi dalam usaha rekayasa energi!
2.       Sebutkan pesaing usaha rekayasa konversi energi  berupa produk biogas?
3.       Sebutkan apa saja yang menjadi kesulitan dalam melakukan promosi produk konversi energy berupa biogas?

4.       Jelaskan strategi promosi yang baik untuk produk biogas di daerah terpencil!
5.    Sebutkan 6 strategi dalam promosi?



KUNCI JAWABAN DAN PEDOMAN PENSKORAN:
DAFTAR PUSTAKA:
LAMPIRAN

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

perangkat RPP Prakarya kelas XI (pengolahan)